Kamis, 20 Oktober 2011

Vote Komodo

NEW 7 WONDER OF NATURE

=======================================================
   Mari dukung Komodo jadi New 7 Wonders of Nature dengan cara SMS
   ketik : KOMODO kirim ke 9818                                                        
   Tarif SMS Rp. 1,00 (satu rupiah) bahkan beberapa operator               
   meng-GRATIS-kan layanan ini.                                                               
   dan bukan SMS langganan
  vote until 11 November 2011                                                        
=======================================================

PULAU KOMODO

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.


Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

KOMODO

Komodo (Varanus komodoensis) termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, Komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem dihabitatnya.
Komodo ditemukan oleh peneliti Belanda pada tahun 1910. Tubuhnya yang besar yang tampak mengerikan membuat binatang ini populer dan sangat terkenal. Komodo diyakini merupakan binatang peninggalan pra-sejarah dan speciesnya sudah hampir punah.
Komodo juga sering disebut biawak komodo atau orang barat sering menyebut The Komodo Dragon, adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Jumlah Komodo saat ini tercatat sekitar 2500 ekor. Penduduk asli Pulau Komodo menyebut biawak raksasa ini dengan nama ORA.

Postingan Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar